Fantastis! Kambing Pygmy Mini Seharga Puluhan Juta - Wonosobo Jawa Tengah

Kambing Pygmy dapat digambarkan sebagai jenis kambing yang berbeda dari kambing ternak pada umumnya. Perbedaan kambing kerdil dapat dilihat dari segi ukuran, penampilan, dan manfaat bagi peternak.

 

Istilah "pygmy" dalam bahasa Inggris mengacu pada orang kerdil, dan sering digunakan untuk mengartikan berbagai bangsa dari berbagai etnis di seluruh dunia dengan tubuh yang kecil (Pygmies). Oleh karena itu, kambing kerdil juga dinamai berdasarkan bentuk tubuhnya yang relatif kecil dibandingkan jenis kambing lainnya.

 

Dengan ukurannya yang menggemaskan dan keindahan alamnya, kambing mini ini lebih sering dijadikan sebagai hewan hias dibandingkan sebagai sumber makanan hewani (susu atau daging). Untuk anak kambing kerdil harganya sekitar 25 juta. Harga kambing hias bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan kambing hias lainnya.

 

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kambing dari ras kerdil? Cari tahu lebih banyak tentang asal-usul kambing, ciri-cirinya, dan cara merawatnya, serta harga kambing kerdil!

 

Asal Usul Kambing Pygmy

 

Kambing kerdil adalah kambing mini yang berasal dari Afrika khususnya wilayah Lembah Kamerun. Kambing ini dipelihara untuk kambing pedaging dan perah karena kemampuan berkembang biak dan ketahanannya terhadap berbagai penyakit dan parasit.

 

Pada abad ke-19 ketika Inggris membawa kambing kerdil ke wilayah Eropa, ia menjadi hewan eksotis yang dipamerkan di kebun binatang di sekitar Jerman dan Swedia. Pada paruh kedua tahun 1950-an, kambing kerdil diimpor ke Amerika. Amerika Serikat dan diperdagangkan untuk lembaga penelitian, kebun binatang, dan individu. Akhirnya kambing mini ini pun populer dijadikan hewan peliharaan atau model.

 

Ciri-Ciri Kambing Pygmy

 

Secara sederhana secara sederhana, Anda dapat mendefinisikan kambing kerdil sebagai kambing yang bertubuh pendek dan terlihat sangat padat. Ia memiliki kepala dan kaki yang kecil, dahi yang besar dan telinga yang tegak. dua pial yang berada di sisi berlawanan di belakang leher berhidung pipih dan moncong bulat.

 

Ketinggian kambing kerdil dewasa dapat diukur pada 41-60cm. Kambing kerdil jantan memiliki satu massa tubuh 27-39 kg. Betina memiliki berat badan antara 24 dan 34 kg.

 

Ukuran ini termasuk dalam kategori mini atau kecil jika dibandingkan dengan jenis kambing Boer dengan tinggi yang sama yaitu 77,5 cm dan berat badan antara 94 sampai 114 kg (atau kambing Saanen yang tingginya lebih dari 80-90 cm). dan berat badan minimal 60kg.

 

Dari warna bulunya, kambing kerdil memiliki banyak corak dan warna. Mulai dari warna hitam, cokelat karamel sedang hingga karamel tua, abu-abu, bercampur, dengan pola di punggung, wajah, atau perut.

 

Panjang bulu kambing Pygmy bervariasi tergantung kondisi cuaca dan jenis kelamin. Kambing jantan lebih seksi dan memiliki janggut yang lebih panjang serta surai yang jatuh di atas bahunya, dan juga tanduk yang lebih besar. Sebaliknya kambing betina yang tidak berjanggut, atau bertanduk jarang atau lebih kecil.

 

Dengan dimensi dan penampilannya yang cantik, sifat kambing kerdil yang penurut, ramah dan aktif menciptakan hewan peliharaan yang penyayang bagi siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kambing lucu ini juga pintar dan bisa dilatih seperti hewan peliharaan lainnya.

 

Sementara komunitas internasional lebih cenderung memandang kambing mini ini sebagai kambing hias, di negara alami mereka di Afrika mereka dibesarkan sebagai makanan hewani.

 

Daging kambing ini bisa dimakan dengan cara yang sama seperti daging kambing lainnya. Produksi susu populer karena memiliki rasa manis dan kaya akan kalsium, potasium, dan fosfor dibandingkan dengan susu dari kambing perah. Kambing kerdil bisa menghasilkan susu sebanyak 2 sampai 3 liter per hari selama lebih dari 180 hari.

 

Umur kambing mini bisa mencapai 15 tahun. Sangat penting bagi peternak atau pemelihara kambing Pygmy untuk dapat menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk merawatnya.

 

Bagaimana Cara Merawat Kambing Pygmy?

 

Menurut peternak kambing kerdil yang perlu dilakukan untuk merawat kambing jenis ini sederhana dan tidak memerlukan cara khusus. Berikut enam faktor yang perlu diperhatikan saat merawat kambing pygmy kesayangan Anda.

 

1. Makanan

Tidak berbeda dengan pola makan kambing pada umumnya, hewan kerdil kerdil juga bisa memakan daun segar, pohon, ranting dan semak-semak dan rumput. Mereka juga kadang-kadang diperbolehkan makan buah dan sayuran sebagai suguhan. Namun, makanan manis tidak disarankan untuk kambing yang rentan terhadap obesitas.

 

Selain itu, juga ditawarkan pakan pabrik yang memiliki kandungan nutrisi yang telah disesuaikan dengan kambing kerdil untuk memudahkan para peternak. Asupan harian utama yang harus diperhatikan adalah air. Air harus tersedia terus menerus.

 

2. Penanganan

Meskipun kambing kerdil menikmati kontak manusia, penting untuk menjaga kontak fisik secara teratur dengan kambing muda dari varietas kerdil. Praktik ini sangat penting bagi kambing Anda untuk berkembang dan beradaptasi saat dikelilingi atau bersentuhan dengan manusia.

 

3. Kebersihan

kambing Pygmy tidak harus dimandikan secara teratur atau dengan jadwal mandi yang rutin. Bersihkan goat dengan sikat atau mandikan dengan air jika ada kotoran di tubuhnya. Kuku mereka juga perlu dipotong setiap 2-6 minggu jika jari-jari kaki mereka terlihat melengkung ke atas.

 

Penting juga untuk selalu memperhatikan keamanan dan kebersihan kandang. Jangan sampai ada komponen di dalam kandang yang rusak atau membahayakan tubuh kambing. Pembalut, jika digunakan, harus diganti setiap minggu atau saat masih basah.

 

4. Rumah bagi para tunawisma atau kandang binatang

Jika disimpan di luar ruangan, pastikan kandang terbuat dari bahan yang kuat agar kambing tetap aman dari angin kencang atau hujan. Kandang juga tidak boleh terlalu rapat sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas atau lembab.

 

Jika Anda memeliharanya di dalam ruangan, pastikan untuk menyediakan kandang yang cukup besar atau alternatif lain adalah pagar yang cukup tinggi agar kambing tidak melompat keluar. Sebagai alas, Anda bisa menggunakan jerami, pelet kayu, atau serutan kayu yang cocok untuk kambing dan mampu mempertahankan kelembapan. Kuncinya adalah sangat penting agar kambing kerdil tetap kering.

 

5. Olahraga

Penting bagi kambing Pygmy untuk menjadi kambing yang energik. Oleh karena itu, penting bagi mereka, terutama yang masih muda untuk ikut berolahraga atau berolahraga di waktu senggang mereka. Beri mereka area yang luas untuk berlari atau ruang untuk melompat atau memanjat.

 

6. Sosialisasi

Sama seperti manusia, kambing mini ini juga merupakan hewan sosial. Mereka sangat nyaman hidup berkelompok dan berinteraksi dengan manusia. Jika Anda memiliki kambing kerdil, luangkan waktu setiap hari untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan mereka untuk membangun kepercayaan dengan cepat. Karena mereka adalah hewan sosial, disarankan untuk memelihara pasangan.

 

Harga Kambing Pygmy Mulai 25 Jutaan

 

Abad ke-19 adalah masa di Eropa keindahan dan keunikan kambing kerdil sangat dikagumi oleh orang-orang dari segala usia. Karena itulah kambing mini ini jauh lebih populer dibudidayakan sebagai kambing hias dibandingkan kambing perah atau pedaging.

 

Keunikan penampilan dan ukuran kambing kerdil dari segi ukuran dan penampilan inilah yang memungkinkannya untuk ikut serta dalam pertunjukan kambing. Faktor yang biasanya mempengaruhi harga kambing hias terdiri dari tinggi badan dan bentuk telinga, mulut, tanduk dan lainnya. Faktor lain yang menambah harga kambing hias adalah warna bulunya. Semakin sering kambing tersebut memenangkan suatu kontes maka akan semakin mahal pula harga jualnya di pasaran.

 

Seorang peternak kambing kerdil asal Bantul, Yogyakarta, mengaku harga kambing kerdil umur tiga bulan bisa mencapai 25 juta, dan tidak ada perbedaan harga kambing kerdil jantan atau betina. Sisi positifnya, ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap kambing kerdil meningkat signifikan selama wabah, hingga tiga kali lipat. Sama kecilnya, bedanya Pygmy Goats atau Peanuts

 

Jangan salah paham tentang kerdil dan kambing kacang. Meski sama-sama berukuran kecil, dengan berat rata-rata 25-30 kg namun tempat asal dan ciri kedua jenis kambing ini berbeda. Kambing kerdil merupakan hasil indukan dari Afrika yang dikenal dengan sebutan "Kambing Kerdil Kamerun" (Cameroon Pygmy Goat) Kambing kacang berasal dari peternak lokal Indonesia.

 

Kambing kerdil disukai sebagai kambing hias karena penampilannya yang lucu. Kambing kacang digunakan sebagai sumber makanan hewani. Industri peternakan kambing kacang tanah memegang peranan penting bagi para peternak skala kecil di daerah tersebut.

 

Ada beberapa ciri fisik yang membedakan kedua jenis kambing tersebut. Kambing kerdil memiliki bentuk tubuh yang lebih padat, telinga yang menjuntai ke atas dan pial, yaitu daging yang menggantung di kedua sisi leher. Jika kambingnya kacang tanah, badannya lebih ramping dan telinganya menjuntai dan tidak bertelinga.

 

Selain itu, ada perbedaan besar dalam hal harga. Anakan kambing kerdil umur 3 bulan atau kurang dihargai 25 juta sedangkan kambing kacang dengan umur yang sama dihargai mulai dari 1 juta.

 

Keuntungan Beternak Kambing Pygmy

 

Peternak kambing kerdil di Indonesia masih langka. Biayanya cukup tinggi dan peternak cenderung membudidayakan kambing jenis lain. Namun bagi anda yang memiliki modal lebih anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk menyaingi beberapa peternak kambing kerdil lokal.

 

Bukti nyata keberhasilan peternak yang memelihara kambing kerdil dapat dilihat pada contoh Dwi Susanto, pemilik Prayitno Farm di Yogyakarta yang mengaku kewalahan dengan permintaan babi kerdil dari berbagai kota di Indonesia karena jumlahnya yang sedikit. peternak kambing mini.

 

Beternak kambing kerdil juga tidak perlu menunggu musim tertentu. Mereka dapat dilahirkan pada musim kawin kapan saja pada usia berapa pun, dari empat hingga lima bulan, mungkin dalam dua bulan pertama. Namun, masuk akal untuk menunggu kambing betina berumur 12-18 bulan sebelum dikawinkan. Kambing kerdil betina

 

Satu sampai empat bayi lahir atau empat anak setiap 9-12 bulan. Aspek positif lain dari kambing kerdil adalah perbedaan fisiknya  layak dipertimbangkan sebagai kambing hias. Jika kambing Anda adalah pemenang kontes kambing hias, harga hewan kerdil Anda akan lebih mahal.

 

Di luar dunia bisnis, kambing kerdil juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk hewan peliharaan arus utama. Sifatnya yang lembut, manis, dan lincah dapat menjadi hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak dan menghibur orang dewasa. Selain itu, merawat kambing mini ini mudah dengan menggunakan lahan yang lebih sedikit dibandingkan kambing lainnya serta pakan segar dan diproduksi secara teratur tersedia di mana saja.

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton dan Uditch: Solusi Terintegrasi untuk Keamanan dan Kestetikan Taman Kota

Jual Domba Merino Kualitas Super hingga Dewasa - Singosari Malang

Broker Properti Adalah? Inilah Cara Kerja dan Tips Cara Memilihnya